Senin, 08 November 2010

Belajar Dari Kansas Melahirkan Entrepreneur Global

Kansas merupakan negara bagian di Amerika Serikat yang cukup makmur. Penghasilannya kebanyakan berasal dari peternakan, pertanian terutama gandum dan agrobisnis lainnya. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi Internet, tren pekerjaan mulai bergeser ke arah produk-produk digital yang sering disebut sebagai the new economy. Beberapa negara bagian di AS mengalami perkembangan dahsyat di bidang ini, yaitu California, Texas, Washington, Pennsylvania, dan New York.

Akibatnya, penduduk usia muda yang gemar dengan perkembangan zaman dan ingin belajar hal baru banyak yang hijrah ke negara-negara bagian tersebut karena dianggap memiliki masa depan cerah.

Melihat perkembangan ini, pemerintah negara bagian Kansas tidak tinggal diam, mereka menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Mereka tidak mau generasi mudanya pindah ke negara bagian lain yang lebih makmur. Karena itu, pemerintah Kansas bekerja sama dengan institusi pendidikan, institusi penelitian, dan pemain bisnis menyikapi hal itu. Solusinya adalah pelatihan entrepreneurship yang dibimbing secara khusus oleh para mentor yang ahli di bidangnya.

Mari kita simak keberadaan the Kansas Technology Enterprise Corporation (KTEC). KTEC adalah kerja sama sektor publik dan swasta yang diselenggarakan oleh negara bagian Kansas untuk menumbuhkan ekonomi berbasis teknologi.

Melalui dukungan dari penelitian-penelitian yang bersifat strategis dan praktik penciptaan perusahaan yang dimentor secara dekat di inkubator bisnis mereka, KTEC merupakan alat yang ampuh bagi negara bagian Kansas untuk menjaring potensi generasi muda mereka. Yang menarik bahkan pemerintahnya menyediakan modal awal secara langsung selama fase awal pendirian perusahaan.

KTEC memilih bidang yang terkait dengan sains dan teknologi untuk dikembangkan karena bidang-bidang ini terbukti mampu menciptakan banyak peluang kerja bagi generasi muda mereka dan dapat dikembangkan menjadi perusahaan berkapital besar.

KTEC Pipeline
KTEC Pipeline adalah program technology entrepreneur fellowship dari KTEC yang disponsori pemerintah, didesain untuk mengidentifikasi entrepreneur di bidang teknologi yang berpotensi untuk dikembangkan.

Mereka dibimbing secara khusus dengan training terbaik serta diberi fasilitas dan mentor terbaik. Dari para entrepreneur inilah lapangan pekerjaan dibuka bagi banyak orang.

Negara bagian Kansas adalah satu-satunya yang secara sistematis mengidentifikasi orang-orang bertalenta di bidang teknologi dan membimbing mereka untuk menjadi pemimpin bisnis masa depan.

Kita dapat belajar kaderisasi yang dilakukan oleh pemerintah Kansas dalam menciptakan perekonomian yang lebih baik. Kelas pembimbingan dilakukan selama setahun dan pada tahun berikutnya dipilih lagi orang-orang baru.

Selama setahun itu mereka diberi pelatihan sesuai dengan bidang mereka dan disediakan anggaran US$20.000 untuk pengembangan bisnis mereka.

Salah satu program bergengsi yang diadakan oleh KTEC Pipeline adalah Innovator of the Year yang terakhir diselenggarakan pada 24 Januari 2009 di Overland Park. Acara itu merupakan titik puncak dari kelas pembimbingan selama setahun.

Para kontestan diberi kesempatan berkompetisi, mempresentasikan hasil kerja selama setahun. Presentasi mereka diuji oleh beberapa juri yang berasal dari lembaga-lembaga ternama, di antaranya dari Ewing Marion Kauffman Foundation, yayasan terbesar di AS yang bergerak di bidang entrepreneurship.

Acara kompetisi diakhiri dengan perhelatan besar yang dihadiri wakil pemerintah, pemimpin bisnis, edukasi, dan riset. Diawali dengan paparan dari wakil setiap stakeholder yang benar-benar membuat kami merasa sedang berada di tengah dunia yang berisi ratusan entrepreneurs.

Semua antusias berbicara tentang dunia usaha dan masa depan ekonomi AS. Pada akhir acara diumumkan pemenang kompetisi Innovator of the Year.

Dampak dari KTEC Pipeline luar biasa, karena selain memajukan perekonomian pemerintah Kansas, kesempatan kerja juga bertambah, generasi muda tidak hijrah ke negara bagian lain yang dianggap lebih bermasa depan cerah.

Para inovator menjadi bersemangat untuk berlomba menciptakan inovasi yang punya nilai komersial. Pada akhirnya program ini menarik perhatian perusahaan pemodalan dan berujung pada penciptaan perusahaan global.

Mereka tidak ragu-ragu untuk memberi arahan dan mengenalkan para pendatang baru ke rekanan yang mereka kenal. Kelihatannya konsep kompetisi bagi mereka lebih ke arah kompetisi untuk menciptakan inovasi terbaik. Tidak ada upaya untuk menghalang-halangi orang lain untuk maju, konsepnya lebih ke kolaborasi daripada kompetisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar